Saturday, January 9, 2010

Geeks


Anda pernah menonton acara “Beauty and the Geek” yang pernah ditayangkan di tv cable? Reality show yang menayangkan sekelompok pria pandai yang biasanya tidak berpenampilan menarik dan dipasangkan dengan sekelompok wanita cantik yang cenderung tidak pandai ini menjadi tayangan yang cukup digemari dan meraih rating tinggi di Amerika serta Australia. Apa sih yang membuat acara ini menjadi menarik hingga ditunggu banyak penonton? Jawabannya mudah, karena yang terjadi di kehidupan sehari-hari, para pria yang dikenal dengan sebutan Geek ini jarang ditemui berpasangan dengan wanita cantik.

Pada awalnya istilah Geek identik dengan gambaran seorang “Kutu Buku”. Kini istilah ini tidak terbatas hanya pada penggemar buku, tapi juga hobi yang berhubungan dengan science, komputer, gadget, science fiction, Internet, dan video games. Kebanyakan pria geek dalam kesehariannya menghabiskan waktunya untuk belajar, menganalisa, berkutat dengan hobi maupun pekerjaannya. Keasyikan ini sering membuat mereka melupakan hal-hal lain yang juga penting dalam hidup, seperti pergaulan, penampilan, dan hal lain di luar hobinya tersebut sehingga terkesan “anti sosial”. Sementara wanita, seringkali dianggap hanya memperdulikan penampilan dan kekayaan material dalam memilih pasangan.

Sebenarnya wanita tidak selalu hanya melihat penampilan dalam mencari pasangan. Penampilan memang penting, namun lebih didasari pada penampilan yang “pantas”, rapih atau layak, tidak sembarangan dan “nyentrik” yang kadang menjadi ciri khas para pria geek. Selain penampilan ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan wanita dalam memilih pasangannya. Berikut sedikit tips untuk pria geek dalam menghadapi wanita.

1. Tingkatkan percaya diri
Pria atau wanita, apabila memang memiliki label “geek” sudah seharusnya memiliki kemampuan atau wawasan yang lebih dibandingkan dengan orang kebanyakan. Sayangnya setelah menyadari dirinya berlabel geek biasanya seorang pria malah menjadi malu dan tidak percaya diri. Seharusnya justru karena kemampuan yang lebih itulah kepercayaan diri meningkat. Sering ditemui pria geek yang sangat lancar dan menarik berbicara via IM atau chat service, namun diam seribu bahasa ketika bertemu langsung dengan wanita idaman. Wake up guys, you guys are smart, you know that! Tarik napas dalam-dalam, atur napas dengan teratur, kemudian mulai, “Hai, apa kabar, perkenalkan, nama saya Primus..” Iya, berbicara memang mudah, tapi tidak ada salahnya dimulai kan?

2. Sedikit memperhatikan penampilan.
Penampilan yang berantakan dan nyentrik kadang menjadi ciri khas dari para geek. Come on guys, you’re not that ugly! Yang penting Anda tidak lupa mandi, sikat gigi dan keramas teratur, menyisir rambutmu sedikit dan berpakaian yang bersih dan pantas. Kalau Anda hobi segala sesuatu yang berhubungan dengan Star Wars, hindari selalu berpakaian dengan tema itu terus misalnya. Walau hanya sedikit usaha, namun penampilan yang rapih bisa banyak merubah penampilan. Bukan untuk merubah jati diri kok, namun yang bersih dan rapi itu lebih disukai wanita. Anda tidak perlu membuang kacamata, Anda malah terlihat lebih berwibawa dengan kacamata itu tapi mungkin Anda dapat mengganti bingkainya dengan bingkai yang lebih modis. Ganti contact lens juga boleh, tidak perlu yang berwarna, cukup yang natural saja kok.

3. Wangi
Bau badan dan bau mulut adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Ketika bau badan Anda tidak sedap, orang lain akan menghindar untuk berdekatan dengan Anda, sedangkan bau mulut yang tidak sedap akan sangat menggaggu jalannya percakapan. Walaupun Anda sibuk dengan pekerjaan maupun hobi Anda di siang hari yang panas, sempatkanlah mencuci muka dan membersihkan keringat paling tidak sekali sehari, terutama kalau Anda tidak sempat mandi di sore hari. Gunakan deodorant, jangan sampai bau badan mengganggu Anda atau lingkungan sekitar Anda. Semprotkan cologne sesekali, tidak berlebihan, terlalu wangi juga bisa mengganggu sekitar Anda. Pilih keharuman cologne yang segar dan tidak terlalu mencolok. Apalagi kalau Anda juga merokok atau memang tipe yang mudah berkeringat, sediakan permen penyegar mulut dan lebih waspadalah pada bau badan Anda sendiri, ambil tindakan pembersihan dan penyegaran apabila memang diperlukan.

4. Be nice and helpful!
Banyak ilmu artinya bisa banyak berbagi. Tapi tetap sopan, jangan sesumbar, seperti padi kata orang tua, semakin berisi semakin menunduk. Bantu lingkungan sekitarmu, wanita atau bukan, kecil atau dewasa, bantu siapa saja. Hal-hal kecil bisa menarik perhatian wanita. Contohnya, kalau melihat wanita yang Anda sukai kesulitan dengan virus yang menyerang laptopnya, tawarkan bantuan dengan wajar. “Kelihatannya terganggu virus ya? Kebetulan aku punya software antivirus yang cukup bagus, boleh aku bantu?”. Contoh lain, apabila Anda bermain video games dengan adik wanita yang Anda suka, mengalahlah sesekali, agar permainan jadi lebih menarik dan tidak menjadi ajang pamer kemampuan.

5. Hargai diri Anda
Popularitas Anda di mata wanita mungkin tidak sebesar pria metroseksual yang sekarang banyak jadi idaman wanita karena penampilannya, tapi bukan berarti Anda harus “menghamba” dalam mendapatkan pasangan. Kalau Anda suka dengan seorang wanita, tunjukkan dengan sewajarnya, jangan sampai kehilangan harga diri Anda. Seperti tips sebelumnya, Anda bisa banyak membantu wanita yang Anda suka, tapi apabila setelah sekian lama Anda sadari bahwa Anda hanya terus diminta bantuan tanpa ada perkembangan dalam hubungan Anda, mulailah sedikit jaga jarak. Jangan sampai Anda hanya dimanfaatkan ilmunya saja. Orang lain akan lebih menghargai seseorang yang menghargai dirinya sendiri.

6. Luaskan wawasan
Iya, pria geek memang kebanyakan pandai, penuh pengetahuan tetapi biasanya hanya mengenai hal yang dia dalami saja. Wanita itu suka berbicara, suka percakapan, tapi bukan selalu yang itu-itu saja. Memang, kalau baru menemukan gadget baru pasti Anda semangat, tapi ingat, jangan bahas terus. Nonton tv, film populer, baca majalah, baca koran, lihat gosip sedikit, dengar musik yang sedang trend. Kadang wanita suka bicara hal yang ringan saja, bukan berarti wanita itu bodoh, namun hal yang ringan bisa menghilangkan stres dan keletihan. Hal ringan tersebut bisa membantu Anda dalam mencari topik percakapan. Belajar untuk mendengar dan tertarik pada percakapan lawan bicara Anda. Cari tahu apa kesukaannya, apa topik yang menarik buatnya, lalu cari informasi, buat percakapan yang menarik, tunjukan sisi humor Anda supaya hubungan juga tidak membosankan. Tidak perlu merubah kepribadian Anda, jujur saja kalau Anda memang geek, tetap menjadi sendiri namun perkaya karakter Anda dengan banyak hal lain. Wanita bukan malas berbicara dengan pria geek, namun kadang takut pembicaraan jadi membosankan, tunjukkan kalau pria geek juga bisa berbicara hal yang menarik yang diminati kalangan biasa.

7. Luaskan pergaulan
Memang menyenangkan bergabung dalam komunitas yang memiliki kesamaan hobi, namun baik juga melebarkan sayap ke komunitas lain. Semakin banyak teman semakin banyak kemungkinan belajar hal baru dan mengenal banyak karakter. Bonusnya, semakin besar pula kesempatan untuk mencari pasangan.

8. Stabil
Hampir semua wanita mencari pria yang mampu memberikan rasa aman dan bisa diandalkan. Kestabilan finansial memang nilai plus, tapi kestabilan emosi adalah yang lebih diutamakan dalam menjalankan hubungan. Tidak terlihat depresi ketika kalah dalam pertandingan video games misalnya, terima kekalahan dengan sportif. Ketika bertemu wanita yang disukai, tidak memandangi terus wajahnya dan mengikuti kemanapun dia pergi. Santai saja, pandang matanya sesekali, ajak bicara, yang penting sopan.

9. Sensitif
Kebanyakan wanita suka dengan pria sensitif, ini adalah fakta. Berusahalah untuk bersikap lebih sensitif tanpa berkesan berlebihan ketika berhadapan dengan wanita, sensitif dengan sikapnya terhadap Anda, sensitif terhadap pemilihan waktu yang tepat, sensitif terhadap hal yang dia suka dan tidak suka. Sebagai contoh, jangan memaksa apabila ajakan kencan Anda ditolak, terima keputusannya dan usahakan untuk tetap berteman. Contoh lain, ketika wanita yang Anda suka menerima ajakan Anda melihat pameran komputer keluaran terbaru yang selalu Anda dambakan, perhatikan juga, apakah dia terlihat bosan, apakah ini sudah jam makan siang, apakah Anda sudah terlalu bersemangat sehingga terkesan mengacuhkannya. Sensitif dalam batas kewajaran. Pria yang terlalu sensitif seringkali diasosiasikan dengan kecenderungan seksualnya atau lebih diharapkan menjadi sahabat oleh teman wanitanya. Ketika dia terlihat sedang sedih Anda tidak perlu ikut menangis untuk menunjukkan sisi sensitif Anda, hibur dengan hal yang menyenangkan, tunjukan dengan kata-kata atau sikap kalau Anda ada di sisinya apabila dia butuhkan dan sedia memberi jarak apabila dia terlihat ingin sendiri karena kesedihannya.

10. Perbanyak senyum.
Kata orang, senyum itu sebagian dari iman. Apapun itu, senyum adalah pertanda bahwa Anda bersahabat. Ketika senyum, wajahmu akan terlihat lebih menarik dan menyenangkan. Percaya deh!

Geek atau bukan geek hanyalah sebuah istilah, apapun hobi dan pekerjaan kita kepribadian tetap yang menjadi dasar terkuat dalam hubungan sosial. Sedikit tips di atas semoga dapat membantu memulai sebuah hubungan, minimal memulai percakapan dan hubungan persahabatan. Jadi, good luck, guys!

source from : chip.co.id

No comments:

Related Posts with Thumbnails